Senin, 19 Maret 2012

Penyebab Susah Tidur

Penyebab Susah Tidur - Banyak faktor yang dapat menghambat kualitas tidur seseorang mulai dari banyakmengkonsumsi kafein hingga sedang menderita sakit. Nah, seperti dikutip dariHealth , berikut beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya kualitas tidur seseorang.

Penyebab Susah Tidur

Apa saja? Simak ulasan berikut..

Sakit

Dalam satu studi terungkap bahwa dari sekitar 15 persen orang yang menderitapenyakit kronis, setidaknya dua per tiga dari mereka dilaporkan mengalami kesulitantidur. Sakit punggung, sakit kepala, dan masalah pada persendian menjadi penyebab utama sulit tidur.

Obat-obatan

Obat, yang bebas atau dengan resep dokter, bisa mengganggu pola tidur. Terlebihbila Anda mengonsumsinya menjelang waktu tidur atau dosisnya berlebihan.

Stres dan masalah mental

Insomnia adalah paduan dari gejala dan akibat dari depresi dan kegelisahan. Karenaotak menggunakan ‘sinyal’ serupa untuk mengatur jadwal tidur dan emosi, sangatsulit menentukan mana yang harus dimunculkan lebih dulu.

Situasi atau kejadian yang membuat stres, seperti masalah uang atau perkawinan,sangat ampuh untuk memicu insomnia. Bahkan, bisa jadi masalah ini akanberkepanjangan.

Perubahan hormon

Menstruasi, menopause, dan kehamilan merupakan sumber utama masalah tidurpada perempuan. Ruam panas, masalah payudara, atau sering buang air kecil jugamengganggu pola tidur teratur.

Menurut sebuah lembaga yang menangani masalah tidur, sekitar 40 persen yang mengalami masa transisi menjelang menopause kerap mengalami masalah tidur.

Perubahan jam kerja

Jam kerja yang berlawanan dengan jam tidur normal. Orang yang kerap berpindahjam kerja mengalami penurunan level serotonin, hormon dan saraf pengirim yangterdapat dalam sistem saraf pusat yang membantu mengatur tidur. [inilah]

Terimakasih Anda Telah Membaca Artikel Penyebab Susah Tidur , anda bisa membaca artikel-artikel terkait tentang Penyebab Susah Tidur di bawah berikut ini.

Buku Cara Cepat Hamil

0 komentar: