Sabtu, 12 November 2011

Cara Asyik Menghilangkan Lemak-Lemat Di Tubuh

Cara Asyik Menghilangkan Lemak-Lemat Di TubuhBAGI kebanyakan wanita, timbunan lemak yang “bersarang” (utamanya) di perut, paha atau lengan dirasakan sangat mengganggu. Tidak heran bila wanita mulai merasa khawatir saat melihat jarum angka pada timbangan terus bertambah. Apalagi jika lemak-lemak di tubuh mulai terlihat menumpuk di beberapa bagian tubuh. Tentu, selain tak sedap dilihat, tubuh rentan penyakit, dan pasti terasa tidak nyaman, bukan?

Eits, jangan putus asa dulu Moms! Ada kok, cara praktis untuk mengusir timbunan lemak yang membandel. Jadi, nggak perlu repot-repot sedot lemak atau ngegym.

Cukup 30 Menit!

Biasanya, penumpukan lemak berada pada bagian tubuh, seperti; perut, lengan, paha, punggung, dan lipatan bawah ketiak. Namun menurut dr Michael Triangto SpKO selaku Sports Medicine Specialist Slim + Health Sports Therapy mengatakan, pembakaran lemak dapat dilakukan dengan gerakan ringan, berulang-ulang dan dalam waktu yang lama.

“Jenis gerakannya aerobik tapi bukan senam aerobik, kurang lebih 30 menit. Karena, 20 menit pertama baru membakar cadangan gula dalam tubuh saja, belum lemaknya. Jadi sebaiknya lakukan selama 30 menit,” saran dr. Michael.

Saat tubuh memerlukan energi untuk aktivitas, yang berperan sebagai sumber tenaga adalah makanan yang menghasilkan karbohidrat atau gula. Pembakaran lemak akan terjadi jika sumber tenaga berupa karbohidrat atau gula sudah habis. Lemak akan digunakan sebagai energi cadangan dengan mengangkut lemak ke dalam sel-sel otot untuk dijadikan tenaga. Tapi lemak sebagai tenaga cadangan tidak akan digunakan jika tenaga dari karbohidrat atau gula masih ada.

Lakukan Gerakan Ringan

Kesibukan Moms yang cukup menyita waktu kadang menjadi alasan untuk melakukan olahraga. Jangan khawatir, Moms! Dengan beberapa gerakan ringan, lemak-lemak membandel itu akan berkurang, bahkan menghilang. Soal waktu, bisa disesuaikan dengan waktu luang Moms.

Bila Moms berada di rumah, hal pertama yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Misal, berjalan kaki mengelilingi kompleks perumahan dengan ritme cepat. Sebaiknya saat berjalan kaki, tubuh ditegakkan, kepala melihat ke depan, tangan diayun ke depan dan belakang bergantian, dan kaki mengarah ke depan kanan dan kiri bergantian. “Sebenarnya gerakan mengayun tangan saat berjalan cepat dapat melatih otot perut juga,” alasnya.

Kuncinya: Disiplin dan Teratur

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, dr. Michael menekankan pada disiplin dan keteraturan. Jika semua gerakan ringan tersebut rutin dilakukan, perubahan mulai terlihat setelah 2 minggu.

Sedangkan hasil optimal baru terlihat berkisar 3 – 6 bulan ke depan, bergantung komposisi perbandingan berat dan tinggi badan. Bila Moms melakukan gerakan ringan ini secara maksimal, tingkat keberhasilannya rata-rata mencapai 70 – 80 persen.

Dengan rajin berlatih, beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh antara lain:
- Lemak tubuh berkurang.
- Massa otot bertambah.
- Kesehatan bertambah baik.
- Tubuh menjadi lebih bugar dan cantik.

Ayo Usir Lemak di..

Perut

- Untuk melatih otot perut atas, Moms dapat melakukan basic sit up. Luruskan badan secara terlentang. Angkat kedua kaki di atas sofa atau kursi. Posisi tubuh di lantai dengan panggul membentuk sudut 90 derajat. Paha dan tungkai bawah juga membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan sit up cukup dengan mengangkat kepala sebanyak 3 set dengan 8 kali ulangan.

- Melatih otot perut bawah. Posisinya tetap sama, tapi tidak menggunakan sofa atau kursi. Lakukan gerakan sit up dengan kaki diangkat ke atas lurus ke depan.

Lengan. Angkat lengan ke atas membentuk sudut 90 derajat dengan menggunakan beban. Misalnya saja dengan botol mineral berisi air – untuk ukuran botol disesuaikan dengan kenyamanan Moms memegangnya.

Paha. Posisi tubuh berdiri dengan kaki lurus. Kemudian angkat kaki ke kanan, ke kiri, dan ke depan perlahan.

Punggung. Angkat kedua lengan ke atas sambil memegang beban – jenis beban dan berat disesuaikan dengan kenyamanan Moms. Kemudian kedua lengan digerakkan turun ke belakang kepala.

Lipatan bawah ketiak. Angkat lengan ke atas ke arah belakang sambil memegang beban. Kemudian tangan kanan ditarik ke atas condongkan badan ke samping kiri.
Semua gerakan dapat dilakukan sebanyak 3 set (1 set = 8 hitungan). Bila sudah terbiasa, gerakan dalam 1 set bisa ditambah menjadi 10 atau 12 kali hitungan. Sebaiknya lakukan secara rutin atau minimal 3 kali seminggu.

Alat Bantu yang Bisa Digunakan

Tidak perlu pusing jika Moms tidak punya alat senam yang ideal. Pasalnya Gerakan ini hanya membutuhkan alat-alat sederhana yang berada di sekitar. Tentunya mudah diperoleh seperti botol air mineral. Alat bantu lain yang dapat digunakan di rumah seperti toples, botol sirup dan sebagainya. Tapi jika sedang berada di kantor, alat yang bisa dipakai misalnya saja file holder, buku, atau tas.

“Yang penting barang-barang tersebut mampu diangkat dan nyaman untuk dipegang,” jelas dr. Michael lagi. Jadi, siapa bilang usir lemak itu susah? Mau coba?

Kunci Sukses Menghilangkan Lemak

Banyak orang meninginkan tubuh ideal tapi tidak sabar untuk melalui prosesnya. Inginnya serba instan. Padahal semua butuh proses dan waktu. Selain aktif bergerak atau olahraga, jangan lupa menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Nah, ada baiknya simak tip berikut:

- Lakukan gerakan-gerakan di atas sesuai kemampuan, jangan berlebihan.
- Disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya lemak bagian tubuh mana yang ingin dikurangi, apakah perut atau lengan saja.
- Gerakan-gerakan di atas sudah cukup baik. Tapi akan lebih baik lagi jika ditambah diet yang baik dengan mengurangi atau membatasi jumlah makanan yang diasup – konsultasi dengan ahli gizi.
- Hasil tidak ada yang instan. Semua membutuhkan proses.
- Perjalanan akan membawa seseorang mengubah pola hidup dan pola pikir untuk jangka waktu yang panjang. (Sumber: Mom & Kiddie)

(tty)

Terimakasih Anda Telah Membaca Artikel Cara Asyik Menghilangkan Lemak-Lemat Di Tubuh , anda bisa membaca artikel-artikel terkait tentang Cara Asyik Menghilangkan Lemak-Lemat Di Tubuh di bawah berikut ini.

Buku Cara Cepat Hamil

0 komentar: